“Re-Invent” our Approach on the Economics of Petroleum Project for Improved Investment Decision Making (10th Symposium and Congress of Indonesian Society of Petroleum Engineer, Nov 2008)

November 12, 2008 • Tell FriendsPrinter Friendly

ABSTRACT

Harga minyak yang tinggi hingga menembus $100/barrel tidak pernah diperkirakan sebelumnya. Hal ini kembali menyadarkan kita bahwa apapun mungkin terjadi meski menurut kita itu tidak mungkin beberapa tahun yang lalu.

Banyaknya proyek perminyakan yang terlambat untuk berproduksi karena belum disepakatinya kontrak perjanjian antara berbagai pihak yang terlibat dikarenakan hasil perhitungan keekonomian yang belum memuaskan, mengakibatkan proyek-proyek tersebut tidak mendapatkan keuntungan atas tingginya harga minyak yang terjadi saat ini.

Fakta bahwa industri perminyakan menghadapi ketidakpastian yang tinggi dimasa depan seperti harga minyak tentunya harus dipertimbangkan oleh para praktisi didalam melakukan studi keekonomian suatu proyek Migas.

Perhitungan keekonomian dengan menggunakan pendekatan statis menyebabkan banyak keputusan investasi pada waktu itu didasarkan pada asumsi harga yang sangat konservatif.dan tidak memperhitungkan adanya volatilitas harga minyak ke depan. Hal ini menjadi salah satu sebab lambatnya keputusan investasi pada waktu itu.

Dalam teori keputusan investasi, perbedaan antara perhitungan net present value (NPV) tradisional dan Real Options adalah “timing of investment” dimana pada NPV tradisional peluang investasi adalah sekarang atau tidak sama sekali (now or never). Sebagai contoh kita akan tunda investasi jika nilai NPV kecil atau negatif. Tapi kebanyakan investasi bukan “now or never, Dalam beberapa kasus, kriteria NPV yang kecil, tidak cukup dijadikan faktor untuk memutuskan agar proyek ini ditunda.
Dalam teori real options, penundaan investasi bukan merupakan keputusan yang efektif selama nilai proyek tersebut lebih tinggi dari nilai thresholdnya. Nilai threshold inilah yang dapat diperoleh dari metode real option dengan mempertimbangkan adanya volatilitas harga minyak.

Tujuan makalah ini adalah untuk melihat kemungkinan aplikasi teori real option dalam membantu keputusan investasi dalam proyek perminyakan di Indonesia

Makalah ini menghasilkan beberapa kesimpulan diantaranya Real Option dapat diaplikasikan dalam perhitungan keekonomian proyek perminyakan di Indonesia, serta nilai yang dihasilkan dari metode ini lebih memperlihatkan nilai yang sebenarnya dari proyek tersebut dibandingkan dengan menggunakan metode NPV tradisional.

Subscribe to Real Options Valuation by email to get course schedule and updates from us.